Mengenal Tahun Produksi Ban Sepeda Motor

Mengenal Tahun Produksi Ban Sepeda Motor. Untuk membaca tahun produksi ban sepeda motor, Anda perlu melihat pada kode DOT (Department of Transportation) yang terdapat pada sisi samping ban. DOT code terdiri dari empat angka yang memberikan informasi tentang pabrik pembuat dan minggu serta tahun produksi ban tersebut.

Angka pertama dan kedua pada DOT code menunjukkan pabrik pembuat ban. Angka ketiga dan keempat menunjukkan minggu produksi, sedangkan angka kelima hingga kedelapan menunjukkan tahun produksi.

Sebagai contoh, jika Anda melihat DOT code dengan angka 2518, maka angka pertama dan kedua menunjukkan pabrik pembuat ban, sedangkan angka ketiga dan keempat menunjukkan bahwa ban tersebut diproduksi pada minggu ke-25 tahun 2018.

Perlu diingat bahwa DOT code biasanya dicetak pada sisi luar ban dan terletak di dekat tempat produksi ban. Jika Anda kesulitan menemukan DOT code pada ban sepeda motor Anda, disarankan untuk meminta bantuan dari teknisi atau montir yang berpengalaman.

Kode produksi Ban Motor irc, Kode produksi ban motor Maxxis, Kode produksi ban Motor FDR, Masa kadaluarsa ban Motor IRC, Kode produksi ban Motor Michelin.

Baca juga : Mengenal Seal Kruk As CVT Pada Motor Matic

Cara Membaca Tahun Produksi Ban Sepeda Motor

Dalam mengenal tahun produksi ban sepeda motor, kita harus mengetahui kode yang terdapat di ban tersebut. Berikut cara membaca tahun produksi ban

Untuk membaca tahun produksi ban sepeda motor, biasanya terdapat kode DOT (Department of Transportation) yang tercetak pada sisi ban. Kode DOT terdiri dari empat digit, dan dua digit terakhir mengindikasikan minggu dan tahun produksi ban. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari kode DOT pada sisi ban.

Biasanya terletak di dekat bagian sisi dalam ban

2. Perhatikan dua digit terakhir dari kode DOT.

Digit pertama menunjukkan minggu produksi, dan digit kedua menunjukkan tahun produksi.

3. Untuk digit pertama (minggu produksi),

angka 1-52 mewakili minggu produksi dalam setahun.

4. Untuk digit kedua (tahun produksi)

angka 0-9 mewakili tahun produksi. Misalnya, angka 0 mewakili tahun 2000, angka 1 mewakili tahun 2001, dan seterusnya.

Sebagai contoh, jika dua digit terakhir pada kode DOT adalah "24," itu berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-24 dalam tahun yang ditunjukkan oleh digit kedua.

Perlu diingat bahwa ini adalah metode umum yang digunakan oleh beberapa produsen ban. Namun, beberapa produsen dapat menggunakan format atau metode lain. Jika Anda memiliki keraguan atau kesulitan dalam membaca tahun produksi ban, disarankan untuk menghubungi produsen ban atau bengkel sepeda motor untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *