Mengenal Kampas Kopling Ganda Matic

Mengenal Kampas Kopling Ganda Matic. Sepeda motor matic saat ini sudah sangat banyak digunakan di jalanan umum karena dominasinya yang sangat besar di industry otomotif, karena kegunaan nya yang sangat mudah dan juga bobot yang lebih ringan membuat banyak orang memilih sepeda motor matic dari pada motor bebek.

Perkembangan sepeda motor matic saat ini sudah sangat besar jika dilihat dari angka penjualan setiap pabrikan sepeda motor mulai dari honda dan Yamaha yang tembus puluhan ribu unit setiap bulannya. Tak ayal sepeda motor matic sangat digandrungi Sebagian besar masyarakat di Indonesia. Membahas tentang motor matic, kita harus tau komponen yang ada di sepeda motor apalagi di bagian CVT. Bagian cvt ada yang memiliki nama kampas kopling ganda, mari kita lebih mengenali apa itu kampas kopling ganda pada sepeda motor matic

Kampas kopling ganda atau juga bisa disebut Kopling sentrifugal pada sepeda motor matic adalah salah satu komponen penting yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan daya mesin ke roda. Fungsi utamanya adalah untuk mentransmisikan daya mesin ke roda belakang saat motor berakselerasi, serta memutuskan daya mesin saat motor sedang berhenti atau dalam kondisi diam.

Komponen kampas ganda matic, Kampas ganda fungsinya, Harga Kampas Ganda Matic, Perbedaan kampas kopling dan kampas ganda, Kampas ganda motor matic.

Baca juga : Komponen Pulley Sekunder Motor Matic.

Mengenal Cara Kerja Kampas Kopling Ganda Matic

Cara kerja kampas kopling ganda pada sepeda motor matic cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

1. Pada saat mesin dalam kondisi mati atau dalam keadaan diam, pegas pada kampas kopling ganda menekan kopling ke arah roda belakang, sehingga daya mesin tidak terhubung ke roda belakang. Ini memungkinkan motor untuk tetap berhenti tanpa perlu menghentikan mesin.

2. Saat pengendara memutar gas dan memberikan akselerasi pada sepeda motor, putaran mesin akan meningkat. Kenaikan putaran mesin ini menghasilkan gaya sentrifugal yang menyebabkan kopling sentrifugal bergerak ke luar.

3. Gerakan kopling sentrifugal yang ke luar menyebabkan pegas pada kopling menjadi terkompresi. Ketika pegas terkompresi, kopling akan terhubung dengan roda belakang.

4. Seiring dengan peningkatan putaran mesin, kopling sentrifugal akan semakin terhubung dengan roda belakang. Pada titik tertentu, kopling sentrifugal akan sepenuhnya terhubung dan daya mesin akan ditransmisikan ke roda belakang.

5. Ketika pengendara mengurangi gas atau tidak memberikan akselerasi, putaran mesin akan turun. Turunnya putaran mesin akan mengurangi gaya sentrifugal pada kopling sentrifugal.

6. Ketika gaya sentrifugal menurun, pegas pada kopling akan mendorong kopling kembali ke posisi semula, memutuskan koneksi antara mesin dan roda belakang. Ini memungkinkan pengendara untuk berhenti atau melambat tanpa mematikan mesin.

Proses ini terjadi secara terus-menerus saat pengendara memberikan akselerasi atau mengurangi gas pada sepeda motor matic. Kopling sentrifugal membantu mengatur daya mesin yang diteruskan ke roda belakang, sehingga pengendara dapat mengendalikan kecepatan dan percepatan sepeda motor dengan lebih mudah. Untuk perawatan kampas kopling ganda dilakukan setiap 6000 kilometer atau sekitar 3 bulan sekali pada sepeda motor matic kita. Perawatan kampas kopling ganda atau bisa juga disebut service cvt dapat dilakukan dirumah atau dibengkel langganan dengan mekanik yang ahli. Pastikan untuk rutin dalam pengecekan sepeda motor agar selalu nyaman dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *