Komponen Pulley Sekunder Motor Matic

Komponen Pulley Sekunder Motor Matic. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kehadiran sepeda motor matic. Sepeda motor matic sudah sangat di gandrungi oleh hampir seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Karena kemudahan yang diberikan saat berkendara tanpa adanya persneling gigi yang harus dimasukkan Ketika ingin meningkatkan performa sepeda motor tersebut.

Sepeda  motor matic saat ini sudah sangat banyak digunakan di jalanan umum karena dominasinya yang sangat besar di industry otomotif, karena kegunaan nya yang sangat mudah dan juga bobot yang lebih ringan membuat banyak orang memilih sepeda motor matic dari pada motor bebek.

Perkembangan sepeda motor matic saat ini sudah sangat besar jika dilihat dari angka penjualan setiap pabrikan sepeda motor mulai dari honda dan Yamaha yang tembus puluhan ribu unit setiap bulannya. Tak ayal sepeda motor matic sangat digandrungi Sebagian besar masyarakat di Indonesia. Membahas tentang motor matic, kita harus tau komponen yang ada di sepeda motor apalagi di bagian CVT.

Sebelum ingin merawat rutin sepeda motor kita harus tau bagian dari komponen komponen sepeda motor. Pjika pada bagian cvt kita harus masuk lebih jauh kedalam untuk memahaminya, Pada bagian cvt terdapat beberapa komponen mulai dari pulley primer, vbelt dan juga pulley sekunder. Untuk puley sekunder kita akan langsung masuk ke pembahasan dan komponen yang terdapat di bagian pulley sekunder.

Pulley sekunder pada sepeda motor matic adalah salah satu komponen yang berperan penting dalam sistem penggerak otomatis. Pulley sekunder terletak di bagian belakang sepeda motor dan berfungsi untuk mengubah rasio transmisi, sehingga mengatur kecepatan dan torsi yang diteruskan ke roda belakang.

Komponen pulley primer, Bagian bagian motor matic dan Gambarnya, Komponen pulley belakang, Komponen CVT dan gambarnya, Gambar pulley sekunder.

Baca Juga : Mengenal Pulley Sekunder Motor Matic.

Beberapa Komponen Yang Terdapat Pada Pulley Sekunder Motor Matic

Komponen komponen yang terdapat pada pulley sekunder beserta fungsinya

1. Mangkuk kopling sentrifugal

Mangkuk kopling sentrifugal atau bias akita sebut mangkuk kampas kopling ganda berfungsi untuk menerima gesekan dari kampas kopling sentrifugal menggunakan gaya sentrifugal untuk memutarkan roda belakang.

2. Kapas kopling ganda atau kampas kopling sentrifugal

Kampas kopling sentrifugal berfungsi untuk memberi gaya dari vbelt menuju mangkuk kopling sentrifugal hingga dialirkan hingga sempurna lalu membuat roda belakang berputar.

3. Per kampas kopling sentrifugal

Per kampas kopling sentrifugal berfungsi untuk mengatur keluaran kampas kopling sesuai dengan kekuatan per tersebut. Untuk motor stanadar biasanya di angka 500-700 rpm. Dan untuk racing di angka minimal 1000 rpm.

4. Per kopling pulley

Per kopling pulley berfungsi untuk mengatur keluaran gas rpm dari pulley primary menggunakan v belt yang berputar pada rpm tertentu .

5. Rumah kampas kopling sentrifugal

Rumah kampas kopling sentrifugal berfungsi sebagai rumahan dan kedudukan kampas kopling sentrifugal agar presisi ketika digunakan.

6. Karet bantalan kampas kopling sentrifugal

Karet bantalan kampas kopling sentrifugal berfungsi sebagai penahan kampas koopling sentrifugal Ketika berputar dan Kembali seperti keadaan aslinya Ketika di rpm rendah.

7. Secondary sliding sheave

Secondary sliding sheave berfungsi mentransfer tenaga dari v belt menuju kampas kopling sentrifugal di rpm tertentu.

8. Pulley sekunder

Pulley sekunder memilik berfungsi sebagai kedudukan semua komponen yang terdapat pada bagian ini.

9. Bearing pulley

Bearing pulley terdapat 2 pcs didalam pulley sekunder yang berguna memberi putaran didalam kruk as gearbox belakang menuju roda belakang komponen-komponen tersebut bekerja secara sinergis untuk mengubah rasio transmisi sepeda motor matic secara otomatis.

Jika pengendara ingin melakukan perawatan rutin agar sepeda motor matic kesayangannya diharapkan untuk mengetahui bagian dari komponen ini sebelum melakukan pemboongkaran sepeda motor maticnya atau jika malas melakukan perawatan sendiri ditumah bisa dating ke bengkel langganan dengan mekanik yang dipercaya. Semoga sepeda motornya selalu di dalam keadaan yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *