Mengenal CAM Pada CVT Motor Matic

Mengenal CAM Pada CVT Motor Matic. CAM pada cvt depan sepeda motor adalah sebuah alat pada bagian primary pulley atau pully depan sepeda motor yang berfungsi sebagai tumpuan dari roller ketika roller bergerak menjauhi pusat putaran karena gaya sentrifugal, sehingga bisa meneruskan putaran ke kipas pulley depan atau primary sliding sheave.

CVT adalah jenis transmisi otomatis yang mengubah rasio gigi secara kontinu, tanpa adanya perubahan langkah gigi seperti pada transmisi otomatis konvensional. CVT terdiri dari dua pulley cembung (variator) yang berfungsi untuk mengubah radius efektif pulley dan sabuk logam (belt) yang menghubungkan kedua pulley. Perubahan radius pulley ini memungkinkan transmisi untuk mengubah perbandingan gigi dengan mulus, tanpa langkah-langkah yang terbatas seperti pada transmisi otomatis tradisional.

Sekarang, torsi cam merupakan salah satu elemen kunci dalam mekanisme pengoperasian pulley cembung (variator) pada CVT motor. Fungsi utama torsi cam adalah untuk mengubah radius efektif dari pulley cembung tersebut dan secara tidak langsung mempengaruhi perbandingan gigi secara keseluruhan dalam sistem CVT.

Komponen CVT dan Fungsinya, Komponen CVT Honda, Komponen CVT dan gambarnya, Bagian bagian motor matic dan Fungsinya, Bagian bagian motor matic dan Gambarnya.

Baca juga : Perbedaan Roller Racing Dan Roller Standar.

Penjelasan Lebih Jauh Dalam Mengenal CAM Pada CVT Motor Matic

Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang torsi cam pada CVT motor.

1. Torsi Cam dan Pulley Cembung (Variator)

Pulley cembung terdiri dari dua bagian, yaitu sheave (bagian luar) dan cam (bagian dalam). Torsi cam adalah torsi yang dihasilkan oleh cam, yang berfungsi untuk mengubah posisi sheave dan mengatur perubahan radius pulley cembung.

2. Posisi Torsi Cam

Torsi cam terletak pada bagian dalam pulley cembung. Saat torsi cam berputar, posisi cam akan berubah, mengakibatkan perubahan radius efektif pulley.

3. Fungsi Torsi Cam

Torsi cam diberikan oleh sumber tenaga, biasanya dari mesin melalui poros atau sabuk penggerak. Ketika torsi cam diterapkan pada pulley cembung, akan ada perubahan posisi cam, sehingga mengubah radius efektif dari pulley. Perubahan radius pulley menyebabkan perubahan perbandingan gigi, yang menghasilkan perubahan rasio transmisi secara kontinu.

4. Pengaruh Torsi Cam terhadap Perbandingan Gigi

Jika torsi cam menarik sheave ke dalam, radius pulley berkurang dan perbandingan gigi meningkat. Hal ini menghasilkan rasio tinggi untuk kecepatan tinggi. Sebaliknya, jika torsi cam mengendurkan tekanan pada sheave, radius pulley bertambah dan perbandingan gigi menurun. Hal ini menghasilkan rasio rendah untuk akselerasi dan kecepatan rendah.

Dengan demikian, torsi cam berperan dalam mengatur perubahan perbandingan gigi secara kontinu pada CVT motor, yang pada gilirannya memungkinkan mesin beroperasi pada RPM yang optimal dan efisien sesuai dengan kebutuhan dan beban saat mengemudi. CVT telah menjadi populer dalam dunia otomotif karena kemampuannya mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan performa mesin secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *