Pengapian Pada Motor Karburator

Pengapian Pada Motor Karburator. Pengapian pada motor karburator umumnya menggunakan sistem pengapian konvensional yang disebut dengan sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition). Berikut adalah penjelasan singkat mengenai pengapian motor karburator.

Komponen Sistem pengapian sepeda motor, Sistem pengapian sepeda motor Honda, Jalur pengapian motor, Jelaskan Cara pemeriksaan sistem pengapian pada Sepeda motor, Cara kerja sistem pengapian sepeda motor.

Baca juga : Komponen CVT Pada Motor Matic.

Beberapa Komponen Pengapian Pada Motor Karburator

1. Busi

Busi adalah komponen utama dalam sistem pengapian motor karburator. Ini adalah bagian yang memicu bahan bakar dan udara yang terkompresi di dalam silinder untuk terbakar. Busi menerima arus listrik dari sistem pengapian untuk menghasilkan percikan api di dalam ruang bakar.

2. Coil pengapian

Sistem pengapian CDI menggunakan coil pengapian (ignition coil) untuk mengubah tegangan listrik dari baterai motor menjadi tegangan yang lebih tinggi. Tegangan yang lebih tinggi ini diperlukan untuk memicu percikan busi dengan cukup kuat.

3. CDI (Capacitor Discharge Ignition)

CDI adalah komponen penting dalam sistem pengapian motor karburator. Ini berfungsi untuk menyimpan dan melepaskan energi listrik secara tiba-tiba ke coil pengapian. Ketika CDI dilepaskan, energi yang disimpan di dalamnya dilepaskan ke coil pengapian dan menghasilkan tegangan tinggi yang diperlukan untuk memicu percikan busi.

4. Pengatur pengapian

Beberapa motor karburator dilengkapi dengan pengatur pengapian, yang biasanya terletak di sisi mesin. Pengatur pengapian memungkinkan pengendara untuk mengatur timing pengapian yang optimal sesuai dengan kondisi pengoperasian mesin. Ini dapat membantu meningkatkan efisiensi pembakaran dan kinerja motor.

5. Stator

Komponen stator adalah bagian dari sistem pengapian motor karburator yang menghasilkan arus listrik melalui perputaran mesin. Stator menghasilkan arus listrik yang kemudian dialirkan ke CDI untuk diubah menjadi tegangan tinggi.

6. Spull

Komponen spull merupakan alat yang mengelola pengapian utama pada sepeda motor yang terdiri dari lilitan spiralkuningan atau tembaga yang membentuk lingkaran. Spull menghasilkan listrik dengandibantu energi kinetic dari magnet dan menghasilkan beberapa arus yaitu arus pengecasan, arus lampu dan pulser.

Itulah beberapa komponen utama dalam sistem pengapian motor karburator. Sistem pengapian ini bekerja secara sinergis untuk menghasilkan percikan busi yang tepat pada waktu yang tepat, memastikan pembakaran bahan bakar yang efisien dalam mesin karburator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *