Komponen CVT Pada Motor Matic

Komponen CVT Pada Motor Matic. CVT (Continuously Variable Transmission) adalah sistem transmisi yang digunakan dalam sepeda motor untuk mengubah rasio gigi secara kontinu tanpa adanya gigi tetap. Komponen utama dalam CVT sepeda motor meliputi.

Komponen CVT dan gambarnya, Komponen CVT bahasa bengkel, Komponen CVT dan Fungsinya, Komponen pulley sekunder, Fungsi komponen CVT.

Baca juga : Mengenal Slide Piece CVT Motor Matic.

Beberapa Komponen CVT Pada Motor Matic

1. Pulley Primer

Pada bagian CVT Pulley primer merupakan pulley yang terpasang pada poros mesin atau poros primer. Pulley ini bertugas menggerakkan sabuk CVT dan mengubah kecepatan putaran dari mesin menjadi kecepatan putaran pada sistem CVT.

2. kruk as belakang

Kruk as belakang adalah alat berbentung besi Panjang sebagai penghubung antara cvt dan gearbox yang berfungsi sebagai penggerak dengan metode putaran sentrifugal dati batu ganda menuju kruk as belakang lalu di transfer ke gearbox lalu dikeluarkan ke roda belakang sepeda motor.

3. Pulley Sekunder

Komponen ini terpasang pada poros roda atau poros sekunder. Pulley ini berfungsi mengubah kecepatan putaran dari sistem CVT menjadi kecepatan putaran pada roda.

4. Roller

Didalam CVT, Roller adalah komponen kecil yang terletak di dalam pulley sekunder. Roller berputar saat pulley primer dan pulley sekunder berubah ukuran untuk mengatur perubahan rasio gigi.

5. V-Belt

V-Belt adalah sabuk yang menghubungkan pulley primer dan pulley sekunder. Sabuk ini bergerak dan membentuk sudut V pada saat terpasang di pulley untuk menghasilkan perubahan rasio gigi.

7. CVT Housing

CVT housing adalah tempat di mana semua komponen CVT sepeda motor dipasang. Housing ini melindungi komponen CVT dan memastikan bahwa sistem berfungsi dengan baik.

8. CVT case

CVT case merupakan penutup tempat CVT berada yang berfungsi untuk menutup bagian cvt agar tidak terkena kotorandan debu serta pasir Ketika jalan

9. bearing cvt

Bearing cvt adalah bearing yang berfungsi untuk menjaga ketabilan as pulley agar tidak goyang dan merusak kestabilan as pulley

10.  gearbox

Gearbox terditi dari bebrapa komponen yang memungkinkan kerja transmisi dari cvt hingga ke roda belakang masuk secara optimal. Gearbox cvt juga harus di isi dengan oli gearbox agar kinerjanya tetap bagus.

Komponen CVT dapat bervariasi tergantung pada merek dan model sepeda motor tertentu. Namun, komponen di atas merupakan komponen umum yang ditemukan dalam sebagian besar sistem CVT sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *