Mengenal Kipas Pulley CVT Motor Matic

Mengenal Kipas Pulley CVT Motor Matic. Sepeda motor matic saat ini sudah sangat banyak digunakan di jalanan umum karena dominasinya yang sangat besar di industry otomotif, karena kegunaan nya yang sangat mudah dan juga bobot yang lebih ringan membuat banyak orang memilih sepeda motor matic dari pada motor bebek.

Perkembangan sepeda motor matic saat ini sudah sangat besar jika dilihat dari angka penjualan setiap pabrikan sepeda motor mulai dari honda dan Yamaha yang tembus puluhan ribu unit setiap bulannya. Tak ayal sepeda motor matic sangat digandrungi Sebagian besar masyarakat di Indonesia. Membahas tentang motor matic, kita harus tau komponen yang ada di sepeda motor apalagi di bagian CVT. Bagian cvt ada yang Namanya kipas pulley, mari kita lebih mengenali apa itu kipas pulley sepeda motor matic

Kipas pulley depan pada motor matic dengan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) adalah komponen yang terletak di depan sistem CVT. Kipas pulley depan ini memiliki peran penting dalam mengatur perpindahan kecepatan dan torsi pada motor matic.

Cvt panas apakah normal, Komponen CVT Honda, Sistem CVT sepeda motorKomponen CVT dan Fungsinya, Komponen CVT.

Baca juga : Mengenal Primary Pulley Motor Matic

Mengenal Fungsi Kipas Pulley CVT Motor Matic

Fungsi Kipas pulley depan pada CVT motor matic adalah sebagai berikut:

1. Pengatur Kecepatan

Kipas pulley depan berfungsi untuk mengatur perpindahan rasio gigi pada sistem CVT. Saat gas ditekan, kipas pulley depan akan memperbesar diameter dan menghasilkan efek pengurangan rasio gigi sehingga putaran mesin meningkat. Sebaliknya, saat gas dilepas, kipas pulley depan akan memperkecil diameter dan menghasilkan efek peningkatan rasio gigi sehingga putaran mesin menurun. Hal ini memungkinkan motor matic untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dengan lancar tanpa perlu perubahan gigi secara manual.

2. Pengatur Torsi

Kipas pulley depan juga berperan dalam mengatur torsi yang dihasilkan oleh mesin. Saat gas ditekan, kipas pulley depan akan memperbesar diameter, sehingga torsi yang dihasilkan oleh mesin dapat disalurkan dengan lebih baik ke roda belakang. Hal ini membantu motor matic untuk meningkatkan akselerasi dan daya tanjakan.

3. Pendinginan

Kipas pulley depan juga memiliki kipas yang terhubung dengan sistem pendingin mesin. Kipas ini membantu dalam mengatur suhu mesin dengan mengalirkan udara ke mesin. Dengan demikian, kipas pulley depan membantu mencegah mesin overheat dan menjaga kinerja mesin dalam kondisi optimal.

Dalam keseluruhan, kipas pulley depan pada CVT motor matic memiliki peran penting dalam mengatur perpindahan kecepatan dan torsi, serta membantu dalam proses pendinginan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *