Mengenal Boss CVT Spacer Motor Matic

Mengenal Boss CVT Spacer Motor Matic. Sepeda motor matic saat ini sudah lalu lalang di jalanan umum karena dominasinya yang sangat besar di industry otomotif, karena kegunaan nya yang sangat mudah dan juga bobot yang lebih ringan membuat banyak orang memilih sepeda motor matic dari pada motor bebek.

Perkembangan sepeda motor matic saat ini sudah sangat besar jika dilihat dari angka penjualan setiap pabrikan sepeda motor mulai dari Honda dan Yamaha yang tembus puluhan ribu unit setiap bulannya. Tak ayal sepeda motor matic sangat digandrungi Sebagian besar masyarakat di Indonesia. Membahas tentang motor matic, kita harus tau komponen yang ada di sepeda motor apalagi di bagian CVT. Bagian cvt ada yang Namanya cvt spacer, mari kita lebih mengenali apa itu cvt spacer sepeda motor matic

Spacer rumah roller pada motor matic adalah komponen yang digunakan untuk mempertahankan jarak yang tepat antara rumah roller dan pulley pada sistem penggerak CVT (Continuously Variable Transmission). Spacer ini biasanya terbuat dari bahan logam dengan desain yang sesuai dengan model dan tipe motor matic tertentu.

Bagian bagian motor matic dan Gambarnya, 15 komponen CVT, Komponen CVT dan Fungsinya, Komponen CVT Honda, Komponen CVT dan gambarnya.

Baca juga : Mengenal Kipas Pulley CVT Motor Matic.

Mengenal Fungsi Boss CVT Spacer Motor Matic

Fungsi utama spacer rumah roller motor matic adalah untuk menjaga keseimbangan dan kinerja optimal sistem penggerak CVT. Beberapa fungsi dan manfaat spacer rumah roller meliputi:

1. Menjaga jarak yang tepat

Spacer rumah roller membantu menjaga jarak yang tepat antara rumah roller dan pulley. Jarak yang benar memastikan pengoperasian yang efisien dan menghindari gesekan berlebih atau benturan antara komponen tersebut.

2. Mengoptimalkan transmisi daya

Dengan menggunakan spacer yang sesuai, pergerakan roller dalam rumah roller dapat optimal. Hal ini memungkinkan transmisi daya yang efisien dari mesin ke roda belakang, sehingga meningkatkan akselerasi dan performa kendaraan.

3. Mengurangi keausan komponen: Spacer rumah roller membantu mengurangi keausan pada rumah roller dan pulley. Dengan menjaga jarak yang tepat antara keduanya, gesekan berlebihan dan gaya gesekan dapat dikurangi, sehingga umur pakai komponen lebih panjang.

4. Menghindari kerusakan komponen

Jika tidak menggunakan spacer rumah roller atau jika spacer yang digunakan tidak sesuai, dapat terjadi kerusakan pada komponen seperti rumah roller, pulley, atau sabuk CVT. Spacer yang tepat dapat melindungi komponen tersebut dari benturan atau tekanan yang berlebihan. Penting untuk selalu menggunakan spacer rumah roller yang direkomendasikan oleh pabrikan motor matic atau mengikuti petunjuk penggunaan yang terdapat dalam manual pengguna. Jika terdapat masalah dengan sistem penggerak CVT, sebaiknya dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik yang berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *