Mengenal Primary Pulley Motor Matic

Mengenal Primary Pulley Motor Matic. Pulley primer pada transmisi variabel kontinu (Continuously Variable Transmission/CVT) pada motor matic adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur rasio perbandingan gigi secara otomatis. Pulley primer, juga dikenal sebagai pulley gerak atau pulley input, terletak di sisi mesin dan berfungsi sebagai pulley pertama dalam sistem CVT.

Bentuk pulley primer terdiri dari dua setengah cincin yang dapat bergerak satu sama lain. Setengah cincin bagian dalam terhubung langsung dengan poros engkol mesin, sedangkan setengah cincin bagian luar terhubung dengan sabuk CVT. Ketika mesin berputar, setengah cincin bagian dalam akan bergerak, dan melalui penggunaan prinsip hidrodinamika, memberikan tenaga ke setengah cincin bagian luar.

Prinsip kerja pulley primer pada CVT adalah dengan mengatur lebar celah antara setengah cincin bagian dalam dan luar. Ketika celah tersebut diperkecil, perbandingan gigi akan menjadi lebih tinggi, menghasilkan percepatan. Sebaliknya, ketika celah diperbesar, perbandingan gigi menjadi lebih rendah, menghasilkan kecepatan maksimum.

Saat motor matic sedang berjalan, pulley primer akan beradaptasi secara otomatis tergantung pada permintaan tenaga dari pengendara dan kecepatan kendaraan. Jika pengendara membutuhkan percepatan yang cepat, pulley primer akan memperkecil celah untuk meningkatkan perbandingan gigi dan memberikan lebih banyak tenaga. Jika pengendara mencapai kecepatan maksimum, pulley primer akan memperbesar celah untuk mengurangi perbandingan gigi dan menjaga kecepatan yang stabil.

Bagian bagian motor matic dan gambarnya, Komponen pulley sekunder, Komponen CVT dan gambarnya, Bagian bagian motor matic dan fungsinya, Sistem CVT sepeda motor.

Baca juga : Mengenal CVT Pada Motor Matic.

Mengenal Komponen Primary Pulley Motor Matic

Primary pulley terdiri dari beberapa komponen

1. Kipas pulley

Kipas pulley terletak di bagian terdepan yang di tutup olehbaut dan ring,  kipas pulley depan berguna untuk mengatur sirkulasi udara dan juga kinerja v belt agar berjalan dengan optimal.

2. CVT spacer

CVT spacer merupakan bagian kedua pada cvt bagian depan yang berguna untuk memberi jarak antara kipas pulley dengan rumah roller agar tidak terlalu berdekatan pada posisi idle.

3. Rumah roller

Rumah roller merupakan tempat untuk meletakkan roller dan tempat untuk menekan v belt yang menahan antara kipas pulley dan rumah roller.

4. Roller

Roller merupakan bagian dari cvt bagian depan yang bertugas untuk meningkatkan akselerasi motor matic.

5. CVT slide piece

Cvt slide piece berbentuk plastic kecil yang berjumlah 3 buah pada bagian belakang cvt depan terletak dibelakang rumah roller. Ini Berguna sebagai penahan antara CVT cam dan rumah roller agar tidak langsung bersentuhan

6. CVT cam

CVT cam merupakan bagian cvt depan dengan urutan paling belakang sebagai penutup dari roller agar tidak keluar.

Pulley primer pada CVT merupakan salah satu komponen penting dalam sistem transmisi motor matic yang memungkinkan pengendara untuk mendapatkan percepatan yang lancar dan optimal tanpa perlu melakukan perpindahan gigi secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *