Mengenal Kopling Ganda Sepeda Motor

Mengenal Kopling Ganda Sepeda Motor. Kopling ganda pada sepeda motor adalah sistem kopling yang menggunakan dua set kopling terpisah untuk menghubungkan mesin dengan transmisi. Sistem ini digunakan untuk memungkinkan perpindahan gigi yang lebih cepat dan halus.

Dalam sepeda motor dengan kopling ganda, ada dua kopling yang terletak di antara mesin dan transmisi. Kopling pertama, yang disebut kopling primer, terhubung langsung dengan poros engkol mesin. Kopling primer bertugas menghubungkan atau memutuskan daya mesin ke transmisi. Pada saat kopling primer terhubung, daya mesin dialirkan ke kopling sekunder.

Kampas kopling sekunder terletak di antara kopling primer dan transmisi. kampas Kopling sekunder bertugas mengatur daya yang dialirkan ke transmisi sesuai dengan gigi yang dipilih oleh pengendara. Kopling sekunder ini menggantikan fungsi kopling konvensional pada sepeda motor dengan kopling tunggal.

Dengan adanya kopling ganda, sepeda motor dapat mengalami perpindahan gigi yang lebih cepat dan mulus. Saat pengendara memasukkan gigi berikutnya atau sebelumnya, kopling sekunder dapat mempersiapkan perpindahan tersebut dengan menghubungkan gigi baru sambil memutuskan hubungan dengan gigi yang sedang digunakan. Hal ini memungkinkan perpindahan gigi yang lebih cepat dan mengurangi gesekan yang terjadi saat mengganti gigi, sehingga memberikan perpindahan yang lebih halus dan nyaman bagi pengendara.

Kopling ganda pada sepeda motor umumnya digunakan pada sepeda motor sport atau sepeda motor dengan performa tinggi, karena dapat memberikan keunggulan dalam akselerasi dan perpindahan gigi yang cepat. Namun, kopling ganda juga dapat ditemukan pada sepeda motor dengan kelas dan tipe lainnya, tergantung pada desain dan spesifikasi produsen sepeda motor tersebut contohnya motor bebek yang ada di pasaran Indonesia menggunakan kopling ganda.

Komponen kopling ganda sepeda motor, Fungsi kampas ganda motor matic, Cara kerja kopling ganda, Fungsi kampas ganda bebek, Cara kerja kopling ganda pada motor bebek.

Baca juga : Mengenal Plat Penggerak Kopling Sepeda Motor.

Mengenal Cara Kerja Kopling Ganda Sepeda Motor

Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja kopling ganda pada sepeda motor

1. Piringan Kopling Primer (Primary Clutch)

Piringan kopling primer terhubung langsung dengan mesin dan berputar bersamaan dengan kruk as. Ketika mesin berjalan, piringan kopling primer juga berputar.

2. Piringan Kopling Sekunder (Secondary Clutch)

Komponen piringan kopling Sekunder terhubung dengan poros transmisi dan berputar bersamaan dengan poros tersebut. Piringan kopling sekunder dipasangkan dengan pegas yang memberikan tekanan pada piringan kopling, sehingga mempertahankan kontak antara piringan kopling primer dan sekunder.

3. Gigi Masuk (Engagement)

   Ketika pengendara menarik tuas kopling, pegas pada piringan kopling sekunder akan mengendurkan tekanan pada piringan kopling. Hal ini membuat piringan kopling primer dan sekunder terpisah sehingga tidak ada kontak di antara keduanya. Mesin dapat berputar secara bebas tanpa mempengaruhi transmisi.

4. Pergantian Gigi (Gear Shifting):

   Setelah kopling dilepaskan secara parsial, pengendara dapat memilih gigi yang diinginkan pada tuas transmisi. Saat pengendara mengganti gigi, kopling ganda memungkinkan peralihan gigi yang lebih cepat. Ketika pengendara menekan tuas kopling dan memilih gigi baru, sistem kopling ganda secara otomatis menyesuaikan putaran mesin dan poros transmisi agar sesuai dengan perpindahan gigi yang dipilih.

5. Pemasangan Kembali (Re-engagement)

   Setelah pergantian gigi selesai, pengendara melepas tuas kopling secara perlahan. Pegas pada piringan kopling sekunder akan memberikan tekanan kembali pada piringan kopling, sehingga menyatukan piringan kopling primer dan sekunder. Kontak antara kedua piringan kopling akan menghubungkan mesin dengan transmisi, dan tenaga dari mesin akan dialirkan ke roda melalui sistem transmisi.

Keuntungan utama dari kopling ganda pada sepeda motor adalah perpindahan gigi yang lebih cepat dan responsif, sehingga memungkinkan pengendara untuk mengalami akselerasi yang lebih baik dan perpindahan gigi yang mulus. Selain itu, kopling ganda juga dapat mengurangi tekanan pada komponen transmisi, sehingga meningkatkan daya tahan dan umur pakai sistem kopling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *