Mengenal Bak Kopling Sepeda Motor

Mengenal Bak Kopling Sepeda Motor. Bak kopling pada sepeda motor merupakan salah satu komponen penting dalam sistem transmisi. Secara garis besar bak kopling berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin ke transmisi dan memungkinkan pengendara mengoperasikan kopling dengan mulus. Bak kopling memiliki 2 jenis yaitu bak kopling basah dan juga bak kopling kering atau biasa kita sebut CVT pada motor matic.

Komponen kopling otomatis sepeda motor, komponen kopling motor bebek, gambar komponen kopling manual sepeda motor, cara kerja kopling manual sepeda motor, komponen kopling sentrifugal sepeda motor dan fungsinya.

Baa juga: Mengenal Rotak Pada Motor Injeksi.

Mengenal Komponen Yang Terdapat Dalam Bak Kopling Sepeda Motor

Berikut ini adalah beberapa bagian penting dari bak kopling pada sepeda motor.

1. Plat Gesek (Friction Plate)

Friction plate atau disebut juga plat gesek , adalah komponen yang terdiri dari bahan gesek yang ditempatkan antara plat penggerak dan plat pembebanan. Plat gesek berputar bersama dengan roda gigi mesin dan berfungsi untuk mentransfer tenaga mesin ke transmisi.

2. Plat Penggerak (Drive Plate)

Plat penggerak adalah bagian yang terhubung langsung dengan poros engkol (crankshaft) mesin. Ketika kopling ditekan, plat penggerak dan plat pembebanan akan mendorong plat gesek sehingga mentransfer tenaga dari mesin ke transmisi.

3. Plat Pembebanan (Driven Plate)

Plat pembebanan adalah bagian yang terhubung dengan roda gigi transmisi. Ketika kopling ditekan, plat pembebanan akan mendorong plat gesek sehingga mentransfer tenaga dari mesin ke transmisi.

4. Pegas Kopling (Clutch Spring)

Pengertian Pegas kopling, Pegas Kopling adalah pegas yang bertugas mengembalikan kopling ke posisi semula setelah ditekan. Pegas ini juga membantu dalam mempertahankan tekanan yang diperlukan antara plat gesek, plat penggerak, dan plat pembebanan.

5. Housing (Casing)

Housing atau casing merupakan bagian yang menutupi dan melindungi seluruh komponen bak kopling. Casing ini biasanya terbuat dari bahan logam untuk memberikan perlindungan dan kekuatan yang dibutuhkan.

6. Piringan Kopling (Clutch Disc)

Letak Piringan kopling yang berada di antara plat gesek, adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga dari mesin ke transmisi. Piringan kopling biasanya terdiri dari lapisan gesek dan plat logam.

7. Rol Kopling (Clutch Roller)

Clutch Roller atau bisa di sebut rol kopling adalah komponen kecil berbentuk silinder yang digunakan dalam kopling otomatis atau kopling sentrifugal. Rol ini berfungsi untuk mengaktifkan mekanisme kopling saat mesin berjalan.

Perlu diingat bahwa bagian-bagian bak kopling dapat bervariasi tergantung pada jenis dan desain sepeda motor. Meskipun demikian, konsep dasar bak kopling dan fungsinya tetap sama pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *