Komponen Pada Throttle Body Sepeda Motor

Komponen Pada Throttle Body Sepeda Motor. Throttle body adalah komponen penting pada sepeda motor yang mengontrol aliran udara yang masuk ke mesin. Di dalam throttle body terdapat beberapa komponen utama yang berperan dalam pengaturan aliran udara tersebut. Berikut adalah beberapa komponen yang umumnya terdapat pada throttle body sepeda motor.

Komponen throttle body sepeda motor, komponen throttle body yamaha, komponen throttle body beat fi, fungsi throttle body motor, komponen throttle body dan fungsinya.

Baca juga : Mengenal Throttle Body Motor.

Beberapa Komponen Yang Terdapat Dalam Throttle Body Sepeda Motor

1. Butterfly Valve (Katup Kupu-Kupu)

Ini adalah katup yang terletak di dalam throttle body dan berfungsi mengatur aliran udara masuk ke dalam intake manifold. Katup ini dapat dibuka atau ditutup dengan bantuan throttle cable atau aktuator elektronik.

2. Throttle Position Sensor (Sensor Posisi Throttle)

Sensor TPS ini dipasang pada throttle body dan berfungsi untuk mengukur posisi katup kupu-kupu. Informasi posisi throttle ini digunakan oleh sistem pengendali mesin (ECU/PCM) untuk mengatur campuran udara-bahan bakar yang tepat.

3. Idle Air Control Valve (Katup Kontrol Udara Idle)

Katup ini berfungsi mengatur aliran udara tambahan saat mesin dalam kondisi idle atau tidak berakselerasi. Katup ini dikendalikan oleh sistem pengendali mesin dan membantu menjaga putaran mesin stabil saat berhenti atau dalam keadaan diam.

4. Throttle Body Temperature Sensor (Sensor Suhu Throttle Body)

Sensor ini digunakan untuk mengukur suhu di dalam throttle body. Informasi suhu ini digunakan oleh sistem pengendali mesin untuk mengatur campuran udara-bahan bakar yang tepat berdasarkan suhu throttle body.

5. Throttle Cable (Kabel Throttle)

Kabel throttle menghubungkan throttle grip pada setang sepeda motor dengan katup kupu-kupu di dalam throttle body. Ketika pengendara memutar throttle grip, kabel throttle akan menarik atau mendorong katup kupu-kupu, mengubah aliran udara yang masuk ke mesin.

6. Throttle Plate (Pelat Throttle)

Pelat throttle adalah komponen yang terhubung langsung dengan katup kupu-kupu. Ketika throttle dibuka atau ditutup, pelat throttle akan membuka atau menutup aliran udara masuk ke intake manifold.

7. Gasket

Kegunaan Gasket throttle body yaitu untuk mencegah kebocoran udara antara throttle body dan intake manifold. Gasket ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap suhu dan tekanan udara.

Itu adalah beberapa komponen umum yang terdapat di dalam throttle body sepeda motor. Namun, perlu dicatat bahwa konfigurasi dan komponen yang terdapat pada throttle body dapat bervariasi tergantung dari desain dan model motor tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *