Mengenali Koil Sepeda Motor

Mengenali Koil Sepeda Motor. Koil pengapian atau disebut juga koil penghasil percikan adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengapian pada mesin pembakaran internal. Tugas utama koil adalah untuk mengubah tegangan listrik baterai yang rendah menjadi tegangan yang cukup tinggi untuk menciptakan loncatan percikan pada busi.

Cara cek koil motor menggunakan multitester, cara memperbaiki koil motor yang rusak, koil lemah motor brebet, cara cek koil motor injeksi, ciri koil rusak motor.

Baca Juga : Apa Itu Kiprok Pada Sepeda Motor.

Langkah langkah Mengenali Koil Sepeda Motor

Untuk mengenali koil yang menuju busi, perhatikan langkah-langkah berikut

1. Temukan koil pengapian pada mesin

Biasanya, koil pengapian terletak di atas mesin, terhubung dengan kabel-kabel tegangan tinggi. Koil ini sering kali berbentuk silinder atau persegi panjang dan terbuat dari bahan isolator termal yang tahan panas.

2. Identifikasi kabel tegangan tinggi

Di sebagian besar mesin, kabel tegangan tinggi akan terhubung dari koil pengapian ke setiap busi. Kabel tegangan tinggi ini biasanya terbuat dari bahan isolator yang tahan panas dan memiliki kepala atau boot di ujungnya yang terhubung dengan busi.

3. Perhatikan jumlah kabel tegangan tinggi

Jumlah kabel tegangan tinggi yang keluar dari koil pengapian biasanya sesuai dengan jumlah silinder mesin. Misalnya, pada mesin empat silinder, akan ada empat kabel tegangan tinggi yang terhubung ke koil pengapian.

4. Ikuti kabel tegangan tinggi

Mengikuti kabel tegangan tinggi dari koil pengapian akan membawa Anda ke busi. Busi umumnya terletak di dekat kepala silinder mesin atau di bagian atas blok silinder. Kabel tegangan tinggi akan terhubung dengan kepala busi.

Tugas utama koil adalah untuk menyalurkan arus listrik dari CDI menuju ke busi , lalu dibusi arus api memantik bahan bakar dan terjadilah perputaran mesin. Akan tetapi, jika koil ini terjadi kerusakan maka sepeda motor tidak akan bisa menyala karena terputusnya arus melalui koil tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengenali koil pengapian yang menuju busi pada mesin kendaraan. Namun, penting untuk berhati-hati saat bekerja dengan sistem pengapian karena tegangan tinggi yang dihasilkan oleh koil dapat menyebabkan luka atau kejutan listrik. Pastikan mesin dalam keadaan mati dan baca petunjuk keamanan sebelum melakukan perawatan atau pemeliharaan pada sistem pengapian. Jika Anda tidak yakin atau merasa tidak nyaman, lebih baik meminta bantuan teknisi yang berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *