Cara Kerja CDI Motor

Cara Kerja CDI Motor. CDI (Capacitor Discharge Ignition) adalah sistem pengapian pada sepeda motor yang menggunakan kapasitor untuk menyimpan dan melepaskan energi listrik secara tiba-tiba. Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja CDI pada sepeda motor.

Harga cdi motor, fungsi cdi ac, fungsi cdi motor, gambar cdi motor, cara kerja cdi dc.

Baca juga : Mengenali CDI Sepeda Motor.

Berikut Penjelasan Cara Kerja CDI Motor

1. Pengisian Kapasitor

Saat mesin sepeda motor berputar, magneto atau generator pengisian akan menghasilkan arus listrik. Arus ini digunakan untuk mengisi kapasitor pada CDI. Kapasitor ini bertindak sebagai penyimpan energi listrik.

2. Pendeteksian Posisi Piston

Sistem CDI akan mendeteksi posisi piston melalui sensor yang terletak di mesin. Sensor ini dapat berupa sensor pickup atau sensor pulser yang mendeteksi perubahan magnetik pada roda gigi penggerak.

3. Penyalaan Aki

Sistem CDI akan menggunakan energi dari aki untuk menghidupkan mesin sepeda motor dan membangkitkan arus listrik yang akan mengisi kapasitor. Ketika kunci kontak dihidupkan, arus listrik dari aki akan mengalir melalui CDI untuk mengisi kapasitor.

4. Penyimpanan dan Pelepasan Energi

Kapasitor pada CDI akan terus mengisi hingga mencapai tegangan tertentu. Ketika sistem mendeteksi sinyal posisi piston yang tepat, kapasitor akan melepaskan energi listrik secara tiba-tiba.

5. Pengapian Busi

Energi listrik yang dilepaskan oleh kapasitor akan dialirkan ke koil pengapian melalui CDI. Koil pengapian akan memperkuat arus listrik tersebut dan menghasilkan tegangan tinggi. Tegangan tinggi ini kemudian dialirkan ke busi melalui kabel pengapian, yang akan memicu api listrik di dalam ruang bakar mesin.

6. Pembakaran Bahan Bakar

Api listrik yang dihasilkan oleh busi akan membakar campuran udara-bahan bakar di dalam ruang bakar mesin, menghasilkan tenaga yang menggerakkan piston dan memutar poros engkol.

7. Pemutusan dan Pengulangan Proses

Proses pengisian kapasitor dan pelepasan energi berlangsung secara berulang terus-menerus sesuai dengan deteksi posisi piston dan kebutuhan pengapian. Ini memungkinkan mesin sepeda motor berjalan secara terus-menerus.

CDI merupakan sistem pengapian yang efisien dan andal dalam menghasilkan loncatan api pada busi. Sistem ini dapat memastikan pengapian yang tepat pada setiap siklus mesin, sehingga membantu meningkatkan efisiensi pembakaran dan kinerja sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *