Jenis Busi Sepeda Motor

Jenis Busi Sepeda Motor. Busi adalah salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran pada sepeda motor. Fungsinya adalah menyediakan percikan listrik yang diperlukan untuk menyalaan campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar silinder, sehingga terjadi ledakan dan dorongan yang menggerakkan piston. Ada beberapa jenis busi yang digunakan pada motor, tergantung pada desain dan kebutuhan mesinnya.

Jenis busi ngk, tipe busi panas dan dingin, jenis-jenis busi, harga busi motor, jenis busi mobil.

Baca juga : Efek Telat Ganti Saringan Udara.

Beberapa Jenis Busi Sepeda Motor

Berikut adalah beberapa jenis busi yang umum digunakan:

1. Busi konvensional (Conventional Spark Plug)

Ini adalah jenis paling umum yang digunakan dalam sepeda motor. Busi konvensional memiliki elektroda pusat dan elektroda samping terpisah. Elektroda pusat terhubung dengan kabel busi dan menghasilkan loncatan api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.

2. Busi iridium (Iridium Spark Plug)

Busi iridium menggunakan elektroda pusat yang terbuat dari logam iridium yang tahan aus. Iridium memiliki titik lebur yang tinggi dan ketahanan terhadap korosi, sehingga busi iridium dapat memiliki umur pakai yang lebih lama daripada busi konvensional. Busi iridium juga dapat menghasilkan loncatan api yang lebih kuat dan stabil, yang dapat meningkatkan efisiensi pembakaran.

3. Busi platinum (Platinum Spark Plug)

Busi platinum juga menggunakan elektroda pusat yang terbuat dari logam platinum. Platinum memiliki sifat yang serupa dengan iridium, yaitu ketahanan terhadap korosi dan titik lebur yang tinggi. Busi platinum umumnya lebih tahan lama daripada busi konvensional, tetapi kurang umum digunakan dibandingkan busi iridium.

4. Busi ganda (Dual Spark Plug)

Beberapa sepeda motor dilengkapi dengan sistem busi ganda, di mana terdapat dua busi yang ditempatkan di ruang bakar yang sama. Sistem busi ganda dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran dan performa mesin dengan menghasilkan loncatan api yang lebih besar dan merata di dalam ruang bakar.

Pemilihan jenis busi yang tepat untuk sepeda motor dapat dipengaruhi oleh faktor seperti desain mesin, spesifikasi produsen, dan preferensi pengendara. Penting untuk mengacu pada manual pengguna sepeda motor atau berkonsultasi dengan Bengkel langganan. Dab juga mekanik yang terampil untuk mengetahui jenis busi yang paling sesuai dengan sepeda motor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *