Tips Merawat Aki Motor

Tips Merawat Aki Motor. Hampir seluruh orang di Indonesia memiliki sepeda motor, mulai dari matic, bebek, sport, hingga moge. Kita sering beraktivitas menggunakan sepeda motor untuk pergi dalam jarak dekat maupun jauh sehingga sepeda motor merupakan pilihan yang pas. Yang digunakan untuk melakukan perkerjaan atau ingin menuju suatu tempat.

Untuk aki sepeda motor yang sering dipakai dan juga yang jarang dipakai punya tips yang berbeda untuk melakukan perawatannya. Begitu pula jenis aki juga memiliki beberapa jenis yaitu jenis aki basah maupun aki kering.

Untuk sepeda motor yang sering digunakan tidak perlu risau . Karena jauh lebih mudah merawat aki motor yang sering digunakan ketimbang yang tidak digunakan. berikut merupakan caranya:

Cara merawat aki basah motor, kemungkinan kerusakan pada aki, cara agar aki motor tidak tekor, cara merawat aki kering mobil, cara merawat aki mobil.

Baca Juga: Review Oli Motul.

Jenis Aki Sepeda Motor

1 aki kering

Untuk kegunaan aki kering yang digunakan pada sepeda motor tipe apapun cara merawatnya cukup mudah. Setelah pemasangan aki kering ke sepeda motor harus di cek arus masuk ke sepeda motor tersebut. Apakah normal atau tidak, jika normal dapat dipakai rentang waktu 8bulan hingga 2 tahunan. Jika tidak normal berarti ada kerusakan dijalur pengisian daya akinya. Jika sering dipakai justru semakin bagus karena sepeda motor jika dipakai akan terus mengisi daya hingga  isi dari aki tersebut abis.

2. aki basah

Penggunaan aki basah yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari jugva memiliki daya tahan yang lama. Namun harus dibarengi perawatan yang mumpuni juga. Pada sepeda motor yang memiliki tipe aki basah  agak cukup rumit dan repot. Dikarenakan cairan elektroda pada aki basah harus memiliki titik minimal dan maksimum serta tidak boleh kekurangan hingga mengering. Jika aki tersebut kering dapat merusak baterai dan tidak dapat membalikkan daya aki menjadi normal Kembali.

Berikut Tips Merawat Aki Motor

Pengisian akisepeda motor dapat dilakukan dirumah atau di bengkel sepeda motor terdekat . walaupun aki sepeda motor basah ini agak rumit perawatannya namun untuk ketahanan tidak jauh berbeda dengan aki kering yang juga bisa tahan hingga tahunan jika merawat dengan benar

Berbeda dengan aki sepeda motor yang sering digunakan, aki sepeda motor yang jarang digunakan memiliki cara lain dalam perawatannya, jika aki masih memiliki tegangan yang normal biasanya aki normal memiliki angka 12 volt lebih sedikit. Untuk aki motor yang sudah memiliki tegangan dibawah itu berarti aki sudah bisa dikatakan soak atau melemah, disarankan agar melakukan setrum akia tau pergantian aki baru. Aki motor yang jarang dipakai di haruskan untuk dilepas setelah terakhir kali digunakan dan dipasang Kembali Ketika akan digunakan, biasanya yang seperti ini merupakan motor yang ditinggal dalam waktu yang cukup lama, biasanya didiamkan berminggu minggu atau berbukan bulan, jika motor jarang digunakan, semionimal mungkin sering memanaskan motor dipagi hari atau kapan waktu yang sempat untuk memanaskan motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *