Cara Mengetahui Kode Oli

Cara Mengetahui Kode Oli . Sebelum kita mengganti oli pada sepeda motor kita, kita harus mengenal jenis oli yang cocok pada sepeda motor. Pada sepeda motor bebek, sport dan matic memiliki kekentalan yang berbeda beda. Dan juga kode jenis oli yang berbeda pula

Pada sepeda motor kita sering mendengar SAE, JASO, dan juga API. Apakah singkatan dan juga arti dari singkatan tersebut. kita akan membahas bagaimana cara untuk mengetahui kode pada oli mesin sepeda motor atau mobil sesuai peruntukan mesin kita.

Arti kode oli 20W-50, arti kode oli 10W-30, cara membaca kode oli motor, arti kode oli motor 10w-40.

baca juga : Cek Keaslian Oli MPX

Berikut Cara Mengetahui Kode Oli

1. SAE (society of automotive engineer)

SAE (society of automotive engineer) Adalah sebuah asosiasi yang membuat  suatu standar manufaktur, bidang rancang desain teknik serta menentukan standar tingkat viskonitas atau kekentalan oli pada mesin yang di bentuk oleh pendiri ford yaitu henry ford dan Andrew riker. Biasanya SAE ini memiliki tingkatan mulai dari yang encer hingga kental, semakin encer oli angka depannya semakin kecil, begitu pula sebaliknya semakin besar semakin kental pula, seperti SAE 5W-30, 10W-30, 10W-40, 20W-40 20W-50 dan lain-lain.

2. JASO (Japanese Automotive Standart Association)

JASO (Japanese Automotive Standart Association) adalah asosiasi yang menguji kualitas pelumas di Jepang. Biasanya kode jaso itu seperti MA, MA1, MA2 dan juga MB. Untuk kode MA merupakan kode untuk motor kopling basah atau manual. Apa yang membedakan  MA, MA1 dan juga MA2,perbedaan itu terletak di zat aditif nya. Semakin tinggi angkanya semakin bagus kinerja olinya. MB merupakan kode untuk motor yang menggunakan kopling kering atau matic

3. American Petroleum Institute (API)

API (American Petroleum Institute) adalah lembaga yang menguji kualitas pelumas untuk Eropa dan Amerika. API sendiri memiiliki perbedaan dalam menentukan standarnya, untuk kendaraan bensin menggunakan kode S dan kendaraan bertipe diesel menggunakan kode C.

Untuk api service pada kendaraan bensin memiliki tingkatan yang sesuai standar dan huruf dibelakangnya menunjukkan tingkatan atau (grade) seperti SH, SJ, SL dan juga SN. Dimana API SN merupakan API tertinggi pada tingkatan API nya. Semakin tinggi tingkatnya semakin bagus pula oli tersebut.

Belajar Memahami Kode Oli

Kita beri contoh pada oli-oli yang beredar dipasaran seperti oli  MPX 2 menggunakan SAE 10W-30 API service SL JASO MB, kode pada 10W-30 merupakan tingkat kekentalan oli untuk tingkat 10 disaat oli tersebut dalam keadaan dingin, dan 30 saat keadaan panas, dan memiliki API service SL yang merupakan tingkat menengah dari standar API , serta JASO MB yang merupakan jenis untuk sepeda motor matic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *