Tips Ampuh Merawat Motor Matic

Tips Ampuh Merawat Motor Matic. Pengguna motor matic di Indonesia sudah sangat banyak karena trend menggunakan motor matic yang terus berkembang mulai dari tahun 2000an. Dikarenakan penggunaan yang sangat mudah sekali dan juga sangat menghemat waktu tidak perlu mengoper perseneling, membuat motor matic ini sangat diminati dipasaran Indonesia.

Mungkin belum semua orang tau cara merawat motor matic agar tahan lama dan tidak menurunkan performa dari motor tersebut. Bila diperhatikan untuk perawatan motor matic sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat motor lain pada umumnya.

Cara merawat mesin motor agar tetap halus, cara merawat motor matic karbu, cara merawat motor matic injeksi, perawatan motor matic setelah 5 tahun, cara merawat motor matic beat.

Baca juga : MPX 2 Oli Sejuta Umat.

Beberapa Tips Ampuh Merawat Motor Matic

Tips Ampuh Merawat Motor Matic

1. Rutin dalam pengecekan oli mesin dan oli transmisi

Dalam merawat motor matic, sangat dianjurkan membaca buku panduan dari pabrikan. Biasanya penggantian oli sepeda motor matic disarankan di angka 2000 kilometer , dan juga oli transmisi di angka 4000 kilometer.

2. Servis rutin

Untuk servis rutin pada sepeda motor ada beberapa jenis yaitu servis ringan yang terdiri dari servis injeksi atau karburator dan juga servis cvt.

3. Gunakan bahan bakar motor yang berkualitas

Untuk sepeda motor matic terutama yang sudah dibekali injeksi harus diisi dengan bbm yang bagus sesuai standar dari pabrik, biasanya bbm yang bagus di angka RON 92 sampai RON 98.

4. Jaga kebersihan bahan bakar motor didalam tangki bbm

Untuk menjaga agar bahan bakar tetap bersih pengguna harus rutin melakukan pengisian di spbu dan tidak disarankan membeli di ketengan, dikarenakan debu dapat menurunkan kinerja dan bahkan dapat merusak sistem pada sepeda motor injeksi ataupun karburator

5. Rutin cek kotak saringan udara motor

Untuk semua jenis sepeda motor matic sudah dibekali dengan kotak saringan udara, untuk melakukan pengecakan disarankan per 6000 kilometer untuk melihat debu yang memasuki ke ruang bakar

6. Menggunakan gas dengan stabil

Pengguna sepeda motor matic di untungkan dengan traksi akselerasi yang lebih bertenaga daripada motor bebek yang membuat Sebagian pengguna sering langsung membenam gas Ketika berkendara. Sebenarnya hal tersebut dapat merusak secara perlahan sepeda motor matic kita.

7. Rutin memanaskan sepeda motor matic di pagi hari

Sebenarnya untuk memanaskan sepeda motor matic tidak butuh waktu lama, yaitu 2 sampaui 3 menit saja sudah cukup. Karena jenis mesin dan oli saat ini sudah memiliki fitur yang canggih yang dapat memudahkan kinerja mesin.

Itulah beberapa tips agar sepeda motor matic lebih awet dan tidak menurunkan performa mesin sepeda motor matic kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *